kaca mobil
Perbedaan kaca depan Laminated Glass dan Tempered Glass yang harus diketahui
21 February 2020

Kaca mobil pecah harus cepat diganti ya guys

kaca mobil pecah 2 - Kaca mobil pecah harus cepat diganti ya guys

Autoglass Specialist,

Kebanyakan mobil apabila sering digunakan di jalan pasti suatu saat akan mengalami kaca mobil pecah.
Penyebabnya beragam dari umumnya terkena lemparan batu, sampai sedang sial terkena wiper jatuh setelah diangkat pada saat mencuci mobil ataupun dipecah oleh pencuri. Banyak juga loh kita terima kasus kaca depan mobil pecah karena wiper jatuh.

Kaca samping dan belakang
Untuk kaca mobil samping dan belakang yang merupakan kaca mobil temper, mau tidak mau kita harus cepat menggantinya. Kaca mobil akan pecah luruh menjadi serpihan kecil. Bila menggunakan kaca film, serpihan kaca akan masih menempel pada kaca film. Mobil jadi tampak bolong tanpa kaca. Tanpa kaca samping dan belakang tentu saja jadi problem besar :

  • Menjadi sasaran empuk pencuri mobil, tidak dapat parkir dan ditinggal
  • Panas dan berangin, AC pendingin tidak berfungsi penuh
  • Bila hujan basah dah

Untuk sementara dapat ditutup dengan plastik atau kardus dan direkatkan dengan lakban. Lakban lebih baik yang berwarna hitam dari kain karena tdk meninggalkan bekas pada permukaan mobil.

Kaca depan
Untuk kaca depan yang menggunakan kaca temper akan pecah dan tentu saja harus cepat dan lamgsung diganti. Angin bukan sepoi-sepoi lagi bila mobil dijalankan. Ditutup plastik apalagi kardus pastinya jadi gak bisa lihat jalan dan gak bisa dijalankan mobilnya.

Untuk kaca depan secara standar keselamatan seharusnya menggunakan kaca laminate. Hal ini juga sudah diwajibkan oleh pemerintah menimbang keselamatan pengendara. Bila kaca laminate pecah, kaca tdk akan pecah serpihan dan tetap menempel, meskipun tidak menggunakan kaca film. Kaca depan hanya terlihat retak dan pengemudi masih bisa melihat ke jalanan. Bayangkan bila di jalan tol dengan kecepatan tinggi tiba-tiba kaca depan terkena batu kerikil. Bila menggunakan kaca temper, pengemudi tidak bisa melihat ke jalan. Bahaya sekali.

Tetapi kaca depan laminate bila sudah pecah tetap harus cepat diganti ya. Kekuatan kaca yang pecah tentu saja berkurang banyak dibandingkan dengan kaca yang belum pecah. Kaca mobil sebenarnya bukan hanya masalah estetik tetapi berkaitan erat dengan keselamatan.

Untuk itu sangat penting untuk menggunakan kaca mobil dengan merk yang sudah terpercaya seperti : AGC Automotive dan Asahimas dan menggunakan bengkel yang berkwalitas Autoglass Specialist. Karena bengkel yang berkwalitas akan memperhatikan pula faktor keselamatan selain service dan kerapihan hasil kerja. Misalnya dengan menggunakan sealant atau lem tipe polyurethane yang mempunyai kekuatan 5x lebih besar dari sealant tipe silikon.

Artikel berkaitan :
https://autoglass.co.id/2019/02/18/tipe-kaca-mobil/
https://autoglass.co.id/2019/05/24/kaca-mobil-yang-berkwalitas/
https://autoglass.co.id/2020/02/21/beda-kaca-depan-laminated-glass-dan-tempered-glass/
https://autoglass.co.id/2019/09/07/lem-kaca-mobil/

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *