bengkel kaca mobil
Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof
12 June 2019

Kaca Mobil Yang Berkualitas

bengkel kaca mobil

Autoglass Specialist.

Kaca mobil saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari desain mobil dan dapat mempercantik tampilan mobil, selain tentu saja untuk melihat ke jalan bagi pengemudi mobil.

Ada hal yang sering dilupakan apabila berhubungan dengan kaca mobil, yaitu : Safety / Keamanan. Padahal Safety merupakan hal yang paling penting dalam memilih kaca mobil apabila terjadi kecelakaan di dalam perjalanan.

Oleh karena itu kaca mobil harus merupakan kaca pengaman / Safety Glass dimana ada standar kualitas yang harus dipenuhi oleh kaca mobil tersebut. Standard kualitas di Indonesia harus memenuhi  SNI (Standard Nasional Indonesia) untuk kaca mobil. Setiap produk kaca mobil yang diproduksi di Indonesia wajib mencantumkan logo SNI di kaca mobil produksinya.

Dalam memproduksi kaca mobil, produsen yang sudah terakreditasi diwajibkan untuk memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan dalam SNI. Standar SNI kaca mobil secara garis besar mencakup :

  1. Standar toleransi ukuran dan kelengkungan (size, curvature, crossbend)
  2. Standar tampilan / appearance
  3. Safety test. Untuk setiap lot produksi, kaca mobil yang dihasilkan akan diambil sampel dan dilakukan Safety test sbb :

Kaca Temper / kaca pecah jagung

  • Kaca temper hasil produksi akan dipecahkan dan pecahan kaca yang timbul harus memenuhi standard jumlah yang ditetapkan dalam SNI. Dalam luas 50×50 mm, jumlah kaca pecahan yang diijinkan sebanyak 40 – 400 pecahan. Bila pecahan kaca terlalu kecil, kaca dapat membahayakan mata pengendara mobil. Apabila terlalu besar, kaca dapat melukai pengendara mobil.

  • Tes benturan : kaca dijatuhkan bola besi (2 m, 227 gr).Kaca temper harus tidak pecah melalui tes ini.

Kaca Laminated / kaca 2 lapis

  • Tes benturan : kaca dijatuhkan bola besi (227 gr dan 660 gr dengan ketinggian jatuh tertentu).Kaca pecah tapi tidak boleh tembus, dan mempunyai beberapa kriteria tertentu untuk hasil dari test tersebut yang harus dipenuhi.
  • Tes Head Form : kaca dijatuhkan bola besi besar (1,5 m, 10 kg), seakan-akan menggantikan kepala manusia.

Kaca tipe ini akan pecah tapi tidak boleh tembus. Maksimum luka robek yang diijinkan : 35 mm

Link : Tipe Kaca Mobil

 

Dengan mempertimbangkan kwalitas kaca mobil dengan standar di atas : keakurasian kaca mobil terhadap badan mobil dan terlebih dari sisi Safety, apabila kaca mobil pecah sangat dianjurkan :

  1. Memilih kaca mobil yang berkwalitasKaca mobil yang berkwalitas seperti merk : AGC Automotive/Genuine dan Asahimas. Keduanya merupakan produksi PT. Asahimas Flat Glass Tbk. Link : Kaca Genuine dan Non Genuine Asahimas
  1. Memilih bengkel yang khusus / ahli dalam kaca mobil.Bengkel khusus kaca mobil akan memiliki proses kerja yang berkualitas (2Q : Quick/kecepatan dan Quality/garansi). Selain itu material sealant/lem yang digunakan adalah material yang berkualitas khusus untuk kaca mobil.

Menggunakan kaca mobil yang tidak berkwalitas akan sangat membahayakan pengendara mobil apabila terjadi kecelakaan. Tentunya harga nyawa pengendara mobil tidak akan sebanding dengan harga kaca mobil yang lebih murah tapi tidak berkwalitas.

Download : Asahimas Brochure (Indonesia)

2 Comments

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *